Persebaya menempuh perjalanan 17 jam dari Jayapura

Para pemain dari Persebaya terlambat untuk tiba di Surabaya setelah menjalani laga tandang ke markas besar dari Persipura Jayapura, Selasa (30/10/2018). Mereka seharusnya tiba di Kota Pahlawan pada Rabu sore (31/10/2018).
Tetapi, pesawat yang ditumpangi harus transit terlebih dahulu di Makassar dan mengalami penundaan jadwal. Hampir empat jam mereka harus terjebak di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.
Dan tentu saja kejadian tersebut akan berdampak pada kesempatan beristirahat dan pemulihan fisik untuk menjaga kebugaran. Apalagi, Persebaya sudah dijadwalkan dengan menghadapi laga panas menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu malam (4/11/2018).
“Kami sudah berangkat dari hotel ke bandara (Sentani, Jayapura) pukul 07.00 WIT. Pesawat berangkat pukul 10.00 WIT dan tiba di Makassar pukul 12.00 WITA. Memang di situ transit empat jam karena jadwal ke Surabaya pukul 16.00 WITA,” kata Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya,.
“Nah, di Makassar itu kami terpaksa menunggu sekitar empat jam karena pesawat delay. Sekitar pukul 20.30 WITA pesawat dari Makassar baru berangkat ke Surabaya dan tiba pukul 22.00 WIB. Hitung sendiri berapa lama perjalanan kami,” imbuh pelatih berusia 53 tahun itu.
Apabila dihitung, pemain Persebaya telah menghabiskan waktu selama 17 jam perjalanan dari Jayapura hingga ke Surabaya. Mereka sempat menunggu pesawat selama 8 jam di Makassar.
Kondisi itu memaksa para pemain Persebaya untuk memanfaatkan jeda istirahat sehari setelah pertandingan. Mereka kini telah dijadwalkan mulai berlatih lagi pada Kamis (1/11/2018).
Saat ini hanya tersisa waktu selama tiga hari efektif saja buat Persebaya untuk memaksimalkan persiapan. Dengan jarak cukup pendek itu, pelatih yang biasa dipanggil Djanur itu berharap agar pemainnya bisa dalam kondisi bugar kembali.
“Memang kurang baik buat para pemain nantinya karena berpengaruh kepada kebugaran. Tapi, saya pikir manajemen sudah berusaha dan dapatnya jadwal ini,” ucap pria asal Majalengka itu.
“Besok (Kamis) pemain sudah mulai latihan lagi seperti biasa. Kami tidak punya banyak waktu dan harus fokus persiapan melawan Persija,” ujar Djanur.