Kembalinya pemain muda Persebaya dari Timnas Indonesia U-19

Bek muda dari Persebaya yaitu Rachmat Irianto, saat ini ia sudah bisa tampil kembali dengan membela timnya pada pekan ke-29 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Timnya telah dijadwalkan akan menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (4/11/2018).
Dari laga ini akan menjadi comeback bagi pemain yang akrab disapa dengan Rian tersebut bersama Persebaya. Sebelumnya, dia harus absen dari membela Bajul Ijo dalam tiga bulan terakhir karena ia diharuskan bergabung bersama Timnas Indonesia U-19.
Dan kini Rian sudah tidak lagi disibukkan dengan jadwal-jadwal dari Timnas Indonesia U-19 karena sudah tersingkir di Piala AFC U-19 2018. Dia berkesempatan untuk kembali lagi berseragam klub Persebaya.
“Rian sudah bisa diturunkan lagi bersama Persebaya karena agenda timnas sudah selesai. Ini tentu menjadi kabar baik buat kami karena tenaganya sangat dibutuhkan,” kata Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya, kepada Bola.com.
Terakhir kali sosok Rian tampil dalam laga Persebaya terjadi pada saat tiga bulan yang lalu. Saat itu, dia telah diturunkan dengan bermain secara penuh 90 menit dalam laga tandang melawan Perseru Serui di Stadion Marora, Serui (31/7/2018).
Untuk musim ini, pemain asal kelahiran Surabaya itu hanya mencatatkan tiga penampilan bermain bersama Persebaya. Dan sisanya, dia lebih banyak diagendakan dengan kesibukan menjadi pemain di Timnas Indonesia U-19 dan juga sempat berkutat pada cedera.
Beruntungnya Persebaya, lini belakang dari mereka untuk saat ini sedang mengalami masalah dengan ada absen dari pemain bek kanan yaitu Abu Rizal Maulana yang terkena akumulasi kartu. Tidak ada pengganti yang sepadan untuk posisi itu karena memang tidak ada bek kanan pelapis.
“Nanti kami akan menyusun seperti apa skema yang pas dengan absennya Rodeg (sapaan akrab Abu Rizal). Rian mungkin bisa dimainkan di kanan, tapi ada pemain lain yang bisa diturunkan,” ucap Djadjang.
Persebaya saat ini sudah berambisi untuk memetik tiga angka dalam duel menjamu Macan Kemayoran. Djanur menyebutkan kemenangan di laga ini sangat penting untuk tetap menjaga posisi di klasemen agar menjauh dari zona degradasi.